Risalah Makiyah 3-4 (awal kitab)

Pemateri dan penerjemah : Ustad Muhammad Yusron

e-book : Risalah Makiyah
المقدمة

Pendahuluan

الحمدالله رب العالمين، الرحمن الرحيم، مالك يوم الدين، الملك الحق المبين، الذي له الأسماء الحسنى، والصفات العلى، وسع كل شيء رحمة وعلمًا، وأحصى خلقه عدًا، الحي القيوم الذي لا تأخذه سنة ولا نوم، الإله الحق المتصف بصفات الكمال والجمال ذو الجلال والإكرام، والصلاة والسلام على سيد الأولين والآخرين نبينا محمد الأمين، أعلم الخلق بربه وأتقاهم لخالقه، وأشدهم له خشية صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحابه، وتابعيهم بإحسان إلى يوم الدين.

Segala puji bagi Allah, Rabb alam semesta, yang maha pemurah lagi Maha penyayang, yang menguasai hari pembalasan, yang maha merajai yang maha benar dan maha menjelaskan. Dzat yang memiliki nama-nama yang maha indah dsn sifat-sifat yang maha luhur dan mulia, yang ilmu dan rahmat-Nya meliputi segala sesuatu, dan yang maha mengetahui jumlah bilangan dari makhluk-makhlukNya, yang maha hidup lagi berdiri sendiri mengurus makhluknya, yang tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tertidur, sesembahan yang hak untuk disembah yang bersifat dengan sifat-sifat kesempurnaan dan keagungan, yang maha memiliki keagungan dan kemuliaan. Shalawat dan salam semoga tercurahkan penghulu dan pemimpin orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang akan datang kemudian Nabi kita Muhammad yang terpercaya, dan beliau adalah makhluk yang paling mengenal Tuhannya, dan makhluk yang paling bertakwa kepada pencipta-Nya dan beliau adalah makhluk yang paling besar takutnya kepada Allah, semoga shalawat Allah tercurah atas beliau dan salam dari Allah dan atas keluarganya dan para sahabatnya dan para pengikutnya dengan baik sampai hari berbangkit.

أما بعد: فهذه جمل من عقائد الموحدين المستمدة من: كتاب رب العالمين، وسنة سيد المرسلين، واعتقدها السلف الماضون من الصحابة والتابعين، كتبتها في البلد الأمين الذي أقسم به رب العالمين، تذكيرًا لنفسي وسيرًا على منهاج الأولين من العلماء الربانيين، وسميتها:

Adapun setelah itu: maka kitab ini berisi beberapa kalimat (ketetapan) dari Aqidah-aqidah ahli tauhid yang diambil dari : Kitab Rabb semesta alam (Al-Quran), dan sunnah penghulu dan pemimpin para utusan (Muhammad), dan aqidah yang diyakini oleh para pendahulu yang telah meninggal dunia dari kalangan para sahabat dan dari kalangan para tabi’in. Aku menulis kitab aqidah ini di kota yang aman (Mekkah) yang mana Allah Rabb semesta alam telah bersumpah dengannya. Sebagai pengingat dan peringatan bagi diriku dalam rangka berjalan diatas jalannya orang-orang yang terdahulu dari kalangan para ulama rabbani. Dan aku namakan kitab aqidah ini adalah:

الرسالة المكية في بيان العقيدة السلفية

TULISAN DARI MEKKAH, TENTANG PENJELASAN AQIDAH ORANG-ORANG TERDAHULU

سائلًا الله عز وجل أن ينفع بها، وأن يجعلها ذخرًا، وصلى الله وسلم على نبينا ورسولنا محمد.

dengan meminta kepada Allah yang maha Perkasa dan maha agung agar Allah memberi manfaat kepada kitab aqidah ini, dan agar Allah menjadikan kitab ini sebagai simpanan pahala di akhirat. Semoga shalawat dan salam tercurah kepada Nabi kita dan Utusan Kita Muhammad.

سعيِّد بن هليِّل العمر

Suayid bin Hulail Umar

١٤٣٦ – ١٤٣٧ ه

1436-1437 Hijriah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *