Ringkasan hukum-hukum puasa ramadhan 13-14

ebook kitab

pemateri dan penerjemah : Ustad Muhammad Yusron

٣ – يلحق بالأكل والشرب ما في معناهما فيفطر الصائم بها، وذلك كالإبر المغذية، لأنه يستغني بها عن الطعام، وكذا حقن الدم يفطربه الصائم، لأن الدم خلاصة الطعام والشراب.

3. Digabungkan dengan Pembatal makan dan minum apa saja yang semakna dengan makan dan minum. Maka seorang yang berpuasa menjadi batal puasanya. Dan hal itu seperti jarum-jarum yang memberi gizi (infus) karena dengan infus itu seseorang tidak butuh lagi makan. Demikian juga injeksi darah (transfusi darah) maka batal puasanya, karena darah adalah intisari dari makanan dan minuman

لكن الغالب فيمن يحتاج إلى الإبر المغذية، أو إلى حقن الدم فإنه مريض يباح له الفطر.

Akan tetapi kebanyakan orang-orang yang membutuhkan infus atau dia membutuhkan transfusi darah adalah orang-orang yang sakit dan dibolehkan baginya untuk berbuka.

أما الإبر المكافحة للمرض فلا يفطر بها الصائم سواء كانت في الوريد، أو العضل، لأنها ليست أكلا، ولا شربا، ولا في معنى الأكل والشرب، لكن الاحتياط للصائم أن يؤخر إلى الليل.

Adapun suntikan-suntikan injeksi untuk penyakit maka tidak batal puasanya dan hal itu disuntikkan di uratnya maupun di lengannya. Karena itu bukanlah makanan dan bukan pula minuman. Tidak masuk makna makan dan minum. Akan tetapi yang lebih hati-hati bagi orang yang berpuasa hendaknya dia menunda injeksi hingga malam.

٤ –  شم البخور عالما عامدا يفطر به الصائم، وهو قول كثير من الفقهاء، لأن له نفودًا إلى الدماغ.

4. Mencium bau asap dari kayu wangi yang dibakar. Dan itu dalam keadaan dia tahu hukumnya dan dalam keadaan sengaja (menghirupnya) maka batal puasanya. Dan ini pendapat kebanyakan dari ahli Fiqh. Karena hal itu bisa menembus sampai ke otak.

أما إذا دخل أنفه، أو شمه من غير قصد فلا يفطربه الصائم، لعدم الإرادة والاختيار.

Adapun apabila asapnya masuk ke hidungnya atau dia menghirupnya tanpa sengaja maka seorang yang berpuasa tidak batal dengannya. Karena dia tidak menginginkannya dan bukan pilihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *