HSI 02 – Kajian 09 – Mengenal Allah dengan makhluk-makhlukNya

Oleh : Ustad Abdullah Roy

Allah telah menciptakan makhluk-makhluk supaya manusia berakal memikirkan makhluk-makhluk tersebut. Sehingga mereka bisa mengenal dzat yang telah menciptakan mereka.

Besarnya makhluk dan luasnya seperti langit yang tujuh dan bumi, kursi Allah dan Arsy Allah menunjukkan tentang kebesaran Allah.

Keteraturan gerakan dan perjalanan seperti perjalanan matahari dan bulan menunjukkan bahwasanya pengawasan Allah yang tidak pernah berhenti. Kejelian dalam penciptaan menunjukkan hikmahNya dan keluasan ilmuNya.

Manfaat yang ada di dalam penciptaan tersebut menunjukkan rahmat yang luas dan menunjukkan karunia yang meliputi segala sesuatu.

Allah berfirman:
(إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ)، (الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ)
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran : 190-191)

Hendaknya seorang muslim meluangkan waktunya untuk memikirkan makhluk-makhluk Allah supaya dia semakin mengenal Allah Penciptanya. Semakin yakin dan mantap dalam menjalankan syariat Allah, merasa takut dengan adzabnya, semakin dekat dengan Allah dan semakin mengesakan Allah dalam beribadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *