HSI 01 – Kajian 09 – Termasuk Syirik Menyembelih Untuk Selain Allah

Oleh : Ustad Abdullah Roy

Menyembelih termasuk ibadah yang agung di dalam agama Islam ini. Di dalamnya ada pengagungan terhadap Allah dan merupakan wujud cinta dengan mengorbankan sebagian harta kita untuk Allah seperti ibadah kurban di hari raya, aqiqah, dan hadyu bagi sebagian jamaah haji.

 

Allah telah memerintahkan kita menyerahkan ibadah yang mulia ini hanya untuk Allah semata. Sebagaimana firman Allah : maka dirikanlah shalat dan berkorbanlah untuk Allah” (QS. Al-Kautsar : 2).

 

Barangsiapa yang menyerahkan ibadah menyembelih ini untuk selain Allah dalam rangka mengagungkan dan mendekatkan diri kepada selain Allah sama saja kepada seorang Nabi,wali,jin, dan lain-lain maka dia telah terjatuh ke dalam syirik besar yang mengeluarkan seseorang dari Islam, membatalkan amalannya  dan terkena ancaman laknat dari Allah.

Sebagaimana sabda Nabi :

لَعَنَ اللَّهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللَّهِ

Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah” (HR. Muslim)

Dan makna dari laknat adalah dijauhan dari rahmat Allah. Oleh karenanya janganlah sekali-kali kita sebagai seorang muslim berkorban dan menyembelih untuk selain Allah sedikitpun meskipun dengan seekor lalat dengan harapan untuk mendapatkan manfaat dan terhindar dari mudhorot. Kita harus yakin sebagai seorang muslim bahwa manfaat dan mudhorot di tangan Allah dan hanya kepada-Nya seorang muslim bertawakal.

diupload oleh admin pada tanggal 13 Rabiul Akhir 1436 H / 03 Februari 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *