HSI 01 – Kajian 07 – Termasuk Syirik Memakai Jimat

Oleh : Ustad Abdullah Roy

Saudaraku sekalian, Allah adalah dzat yang memiliki manfaat dan mudharat. Kalau Allah menghendaki manfaat kepada seseorang maka tidak akan ada yang bisa mencegahnya, demikian pula sebaliknya ketika Allah menghendaki untuk menimpakan suatu musibah kepada seseorang maka tidak ada yang bisa menolaknya.

Keyakinan tersebut melazimkan kita sebagai seorang muslim untuk hanya bergantung kepada Allah semata dan merasa cukup dengan Allah dalam usaha mendapatkan manfaat dan menghindari mudhorot seperti dalam mencari rezeki, mencari keselamatan, mencari kesembuhan dari penyakit, dll. Dan tidak bergantung sekali-kali kepada benda-benda yang diharamkan seperti jimat, wafaq, susuk, dan berbagai macam jenisnya.

Rasulullah bersabda :

 عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ عَلَّقَ تَمِيمَةً فَقَدْ أَشْرَك

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al Juhanniy, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mengalungkan jimat, maka ia telah berbuat syirk.” [HR. Ahmad dan Hakim. Al Mundziri dalam At Targhib dan Al Haitsami dalam Al Majma’ berkata, “Para perawi Ahmad adalah tsiqah.” Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Ash Shahiihah (492)].

Apabila meyakini bahwa barang tersebut adalah sebab atau perantara maka ini termasuk syirik kecil karena dia telah menjadikan sesuatu yang bukan sebab sebagai sebab. Padahal yang berhak untuk menentukan sesuatu itu sebab atau tidak adalah Allah. Kemudian apabila dia meyakini bahwa barang tersebut dengan sendirinya memberikan manfaat dan memberikan mudhorot maka ini termasuk syirik besar yang bisa mengeluarkan seseorang dari Islam. Semoga Allah memudahkan kita dan juga saudara-saudara kita untuk meninggalkan perbuatan syirik yang sudah tersebar ini dan menjadikan ketergantungan hati kita dan mereka hanya kepada Allah. Hasbunallah wa ni’mal wakil.

diupload oleh admin pada tanggal 13 Rabiul Akhir 1436 H / 03 Februari 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *